PENGARUH PERENCANAAN STRATEGI TERHADAP PENGEMBANGAN PARIWISATA MELALUI PERANAN PEMERINTAH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Pemerintah Kota Batu)

Christin Wahyuni

Abstract


Pariwisata merupakan salah satu sumber devisa negara. Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam dan budaya. Banyak wisatawan yang tertarik untuk berwisata ke objek pariwisata yang ada di Indonesia, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk dapat menarik minat wisatawan, pariwisata harus dikembangkan berdasarkan perencanaan yang menyeluruh. Dalam prosesnya dibutuhkan peranan pemerintah untuk dapat melakukan pengembangan pariwisata. Pengembangan pariwisata tidak dapat terlaksana tanpa adanya perencanaan strategi dan peranan pemerintah.

Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui pengaruh perencanaan strategi terhadap peranan pemerintah Kota Batu, (2) untuk mengetahui pengaruh peranan pemerintah terhadap pengembangan pariwisata Kota Batu, (3) untuk mengetahui pengaruh perencanaan strategi secara langsung terhadap pengembangan pariwisata, (4) untuk mengetahui pengaruh tidak langsung perencanaan strategi terhadap pengembangan pariwisata melalui peranan pemerintah. Penelitian ini dikalukan pada 10 SKPD yang ada pada Balai Kota Among Tani atau Block Office Kota Batu. Hasil penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 80 pegawai SKPD. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis jalur dengan menggunakan program SPSS 16.0.

Hasil uji hipotesis menunjukkan beberapa bukti sebagai berikut : perencanaan strategi memiliki pengaruh terhadap peranan pemerintah; peranan pemerintah memiliki pengaruh terhadap pengembangan pariwisata; perencanaan strategi memiliki pengaruh terhadap pengembangan pariwisata; dan hasil terakhir membuktikan bahwa perencanaan strategi berpengaruh terhadap pengembangan pariwisata melalui peranan pemerintah sebagai variabel mediasi.

 

 Kata kunci : Perencanaan Strategi, Peranan Pemerintah, Pengembangan Pariwisata, Kota Batu


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.