IMPLEMENTASI CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PADA PT.OTSUKA INDONESIA-MALANG

Mufrodatul Halimah

Abstract


Corporate Social Responsibilty (CSR) berperan penting sebagai strategi perusahaan dan bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. PT.Otsuka Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri farmasi memiliki tujuan untuk ikut serta membantu pemerintah dalam meningkatkan Human Development melalui pelaksanaan program CSR bagi masyarakat. Pada pelaksanaanya, perusahaan melalui tahap perencanaan, implementasi,  evaluasi  dan  pelaporan.  Tahapan-tahapan  tersebut  dilaksanakan demi terwujudnya program CSR yang efektif dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan CSR yang dilakukan PT.Otsuka Indonesia, menganalisa permasalahan yang terjadi dalam pelaksanan CSR dan pemecahan masalah tersebut. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan ditujukan pada humas PT.Otsuka Indonesia sebagai pelaksana CSR dan salah satu masyarakat Kelurahan Kalirejo sebagai sasaran dari program CSR. Observasi dilakukan untuk menilai apakah data yang diberikan perusahaan sesuai dengan keadaan yang terjadi di lapangan.

Hasil   dari   penelitian   ini   menunjukkan   pelaksanaan   program   CSR PT.Otsuka Indonesia sudah berjalan dengan baik akan tetapi masih belum maksimal, dikarenakan masih terdapat berbagai permasalahan yang dihadapi. Permasalahan tersebut adalah belum terdapat struktur dan kurangnya jumlah SDM yang  menangani  CSR,  muncul  komplain  dari  masyarakat  terkait  pemberian bantuan   yang   tidak   adil,   evaluasi   dan   pengawasan   belum   maksimal   dan masyarakat menginginkan komunikasi langsung dengan perusahaan.

 

Kata Kunci : Implementasi, CSR, Implementasi CSR.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.