ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO, UPAH MINIMUM DAN INVESTASI TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI ANGKATAN KERJA PADA 38 KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2010-2014

Daru Mahendras Wara

Abstract


Kependudukan dan pertumbuhan ekonomi memiliki hubungan yang sangat erat, jumlah penduduk menentukan efisiensi perekonomian dan kualitas dari tenaga kerja itu sendiri, karena akan menjadi sebuah kontribusi ataupun menjadi kendala dalam sebuah pertumbuhan ekonomi. Jumlah penduduk yang besar tidak selalu menjamin keberhasilan pembangunan bahkan dapat menjadi beban bagi keberlangsungan pembangunan tersebut. Jumlah penduduk yang terlalu besar tidak sebanding dengan ketersediaan lapangan kerja akan menyebabkan sebagian dari penduduk yang berada pada usia kerja tidak memperoleh pekerjaan. Pertumbuhan penduduk dengan optimalisasi tenaga kerja didalamnya menjadi suatu yang sangat di cita-citakan oleh setiap negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk domestik regional bruto, upah minimum dan investasi terhadap tingkat partisipasi angkatan kerja pada 38 Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur pada tahun 2010-2014.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah panel data dengan pendekatan efek tetap (Fixed Effect Model) dan kaitkan dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk domestik regional bruto berpengaruh signifikan dan  positif terhadap tingkat partisipasi angkatan kerja pad a Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur, sedangkan upah minimum berpengaruh signifikan dan negative terhadap tingkat partisipasi angkatan kerja dan investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat partisipasi angkatan kerja pada 38 Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur.

Kata kunci: Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, PDRB, Upah Minimum, Investasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.