PREFERENSI PEDAGANG TERHADAP SUMBER PEMBIAYAAN USAHA (STUDI KASUS PASAR BESAR KEPANJEN KABUPATEN MALANG)

Ita Nur Filfana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi pedagang pasar besar Kepanjen
Kabupaten Malang terhadap sumber pembiayaan usahanya. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pedagang pasar besar Kepanjen memiliki beberapa preferensi
sumber pembiayaan mulai dari lembaga keuangan bank maupun lembaga keuangan bank yaitu
Bank BRI, arisan, modal usaha sendiri. Selain itu untuk mengembangkan usahanya para
pedagang pasar besar Kepanjen menggunakan jasa arisan yang sangat eksis di kalangan pasar
besar Kepanjen. Sistem di arisan ini ada dua macam yaitu menabung dan kredit. Dipilihnya
arisan ini sebagai sumber pengembang usaha oleh pedagang pasar besar Kepanjen dikarenakan
proses pencairan dana yang cepat dan tidak ada jaminan.

Kata kunci: Preferensi, Pedagang pasar besar Kepanjen, Sumber Pembiayaan, Arisan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.