PENGARUH BRAND PERSONALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP PURCHASE DECISION PRODUK MAYBELLINE (Studi Pada Mahasiswi S1 Universitas Brawijaya)

Alvina Fauziah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kepribadian merek (X1) yang terdiri dari
ketulusan, daya tarik, keunggulan, kesempurnaan dan faktor promosi penjualan (X2) yang terdiri dari
sampel, promosi potongan harga, kupon, dan perlombaan terhadap keputusan pembelian (Y) produk
kosmetik yaitu Maybelline. Penelitian ini menggunakan penelitian penjelasan dan sampel yang
digunakan sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswi aktif S1 UB Malang. Pengambilan
sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji
instrumen penelitian adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Penelitian menggunakan uji asumsi klasik
yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Untuk teknik analisis
data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji F, dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian merek (X1) berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Promosi penjualan (X2) juga berpengaruh secara positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) produk Maybelline. Penelitian ini juga
menunjukkan bahwa kepribadian merek mempunyai pengaruh dominan dibandingkan dengan
promosi penjualan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Kepribadian Merek, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian, Maybelline.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.