TELAAH KRITIS PEMUNGUTAN RETRIBUSI PARKIR UMUM DI KOTA MALANG

Nur Kamilah Bafadal

Abstract


Retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum (retribusi parkir umum) merupakan salah satu retribusi daerah yang berpotensi tinggi di Kota Malang. Namun potensi retribusi parkir umum yang tinggi tidak diimbangi dengan penerimaan yang tinggi. Hal tersebut disinyalir karena adanya kebocoran. Selain itu, penelitian ini juga berhubungan dengan adanya penerapan peraturan daerah yang baru yaitu Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2015 tentang Retribusi Jasa Umum yang salah satu isinya adalah tentang kenaikan tariff retribusi parkir umum.

Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui system pemungutan retribusi parkir umum di Kota Malang, mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaannya, serta untuk mengetahui kontribusi retribusi parkir umum terhadap PAD Kota Malang. Teknik pengambilan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dipadukan dengan teknik snowball sampling. Sedangkan teknik pengambilan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa system pemungutan retribusi parkir umum Kota Malang belum berjalan sesuai dengan ketentuan. Sistem pemungutan tersebut masih banyak celah yang memungkinkan terjadinya moral hazard. Beberapa permasalahan juga ditemukan dalam proses pemungutan retribusi parkir umum. Sistem pemungutan yang masih banyak celah dan permasalahan yang terjadi menyebabkan hilangnya potensi peneriman retribusi parkir umum, sehingga retribusi parkir umum tidak memiliki kontribusi yang tinggi terhadap PAD Kota Malang.

Kata Kunci: Retribusi Daerah, Retribusi Parkir, Sistem Pemungutan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.