PENGARUH PEMBERIAN KREDIT TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM MITRA BINAAN (Studi Kasus Pada Divisi Community Development Center Dalam Program Kemitraan Sebagai Bentuk CSR PT. Telkom Malang)

Nur Wijayanti

Abstract


UMKM merupakan sektor industri yang berperan besar dalam mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan perekonomian Negara. Namun UMKM memiliki masalah yang sering  dihadapi  yaitu  masalah  modal,  sumberdaya, promosi  dan  bahan  baku.  Berkaca  dari masalah yang dihadapi UMKM, Pemerintah menetapkan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh BUMN dalam Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang memberikan kredit kepada UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh pemberian kredit terhadap perkembangan UMKM mitra binaan PT. Telkom Malang. Terdapat 47 UMKM bergerak di sektor industri dan dagang pada periode  2012-2015  yang dijadikan  sampel  dalam  penelitian  ini dengan  teknik pengambilan sample purposive sampling. Penelitian ini menggunakan kuisioner dalam pengumpulan data dan menggunakan uji analisis regresi linier berganda dalam teknik menganalisa data.

Hasil uji F menunjukkan jika pemberian kredit berpengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM mitra binaan. Berdasarkan pada pengujian koefisien determinasi (R2) sebesar 0,574,  artinya  besaran  kredit  dan  manfaat  kredit mempengaruhi  perkembangan  usaha sebesar 57,4% dan sisanya sebesar 42,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata kunci: Kredit, Program Kemitraan, CSR


Refbacks

  • There are currently no refbacks.