Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Bersertifikat Halal MUI (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Rani Widya Pramesti

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia dan mayoritas penduduknya beragama Islam. Jumlah penduduk muslim yang besar ini membuat salah satu produk  makanan  mudah untuk  memasuki  pasar  Indonesia  yaitu  produk  makanan  industri kemasan.  Dengan  masuknya  produk  makanan  industri  kemasan ini  menjadikan  masyarakat muslim lebih selektif dalam memilih produk yang baik dan bersih sebelum dikonsumsi. Seiring dengan perkembangan zaman globalisasi, menurut MUI masyarakat saat ini kurang memperhatikan label halal MUI yang ada pada kemasan produk makanan. Kondisi sebagian masyarakat Indonesia masih cenderung bersikap masa bodoh dalam mengkonsumsi berbagai macam produk yang ada di pasaran. Masih terdapat pula produk makanan industri kemasan yang bersertifikat halal bukan dari MUI beredar di pasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam memutuskan mengkonsumsi makanan bersertifikat halal MUI pada mahasiswa S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Menurut teori yang diungkapkan oleh Ajzen perilaku konsumen dapat dipengaruhi oleh 3 aspek penting yaitu sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku yang digunakan sebagai variabel bebas dalam penelitian ini. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t untuk menjawab hipotesis hubungan variabel tetap dengan variabel terikat pada penelitian. Data  yang  digunakan  adalah  data  primer  dan  diperoleh menggunakkan  kuesioner.  Hasil penelitian  didapat  bahwa  sikap, norma  subjektif  dan  kontrol  perilaku  berpengaruh  positif terhadap keputusan pembelian produk makanan bersertifikat halal MUI.

Kata Kunci: Perilaku Konsumen, konsumsi, label halal MUI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.