Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Bersertifikat Halal MUI (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia dan mayoritas penduduknya beragama Islam. Jumlah penduduk muslim yang besar ini membuat salah satu produk makanan mudah untuk memasuki pasar Indonesia yaitu produk makanan industri kemasan. Dengan masuknya produk makanan industri kemasan ini menjadikan masyarakat muslim lebih selektif dalam memilih produk yang baik dan bersih sebelum dikonsumsi. Seiring dengan perkembangan zaman globalisasi, menurut MUI masyarakat saat ini kurang memperhatikan label halal MUI yang ada pada kemasan produk makanan. Kondisi sebagian masyarakat Indonesia masih cenderung bersikap masa bodoh dalam mengkonsumsi berbagai macam produk yang ada di pasaran. Masih terdapat pula produk makanan industri kemasan yang bersertifikat halal bukan dari MUI beredar di pasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam memutuskan mengkonsumsi makanan bersertifikat halal MUI pada mahasiswa S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Menurut teori yang diungkapkan oleh Ajzen perilaku konsumen dapat dipengaruhi oleh 3 aspek penting yaitu sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku yang digunakan sebagai variabel bebas dalam penelitian ini. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t untuk menjawab hipotesis hubungan variabel tetap dengan variabel terikat pada penelitian. Data yang digunakan adalah data primer dan diperoleh menggunakkan kuesioner. Hasil penelitian didapat bahwa sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk makanan bersertifikat halal MUI.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, konsumsi, label halal MUI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.