PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARDPADA LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Kasus di SMAK St. Thomas Aquino Tulungagung)

Melinda Kristi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kinerja berdasarkan metode Balanced Scorecard dengan menggunakan empat perspektif pada institusi pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SMA Katolik “St. Thomas Aquino” Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah dengan wawancara kepada pihak-pihat terkait serta dengan data sekunder yang diolah.

Dalam penelitihan ini terdapat standar skor yang digunakan yaitu skor -1 nilai “kurang, skor 0 nilai “cukup”, skor 1 nilai “baik”. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kinerja SMAK “St. Thomas Aquino” Tulungagung jika diukur dengan metode Balanced Scorecarddapat dikatakan “Cukup”. Hal ini didukung dengan keempat perspektif yang ada. Perspektif pelanggan, dengan indikator pertama “pelayanan yang diberikan” ada unsur yang menunjukkan hasil yang “kurang” yaitu unsur akuisisi pelanggan, hal ini dikarenakan penerimaan peserta didik baru berkurang. Indikator kedua yaitu “hasil yang dicapai” menunjukkan nilai “baik”. Perspektif keuangan, dengan indikator pemanfaatan anggaran yang efektif, efisien, dan pemanfaatan  penggalangan dana menunjukkan hasil yang cukup. Perspektif proses internal, dengan indikator  inovasi, operasi, dan pelayanan purna jual. Ketiga indikator tersebut menunjukkan nilai “baik”. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, dengan indikator pelatihan SDM serta indikator kepuasan karyawan menunjukkan nilai “baik”. Sedangkan indikator memenuhi kebutuhan ketrampilan SDM pada posisi yang strategis, menunjukkan nilai “cukup”. Berdasarkan abstraksi di atas SMAK “St. Thomas Aquino” Tulungagung dapat menggunakan metode Balanced Scorecard dalam mengevaluasi kinerja sekolah serta merumuskan strategi untuk periode selanjutnya.

Kata kunci : Pengukuran Kinerja, Instansi Pendidikan, Metode Balanced Scorecard


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.