“PENGARUH PERIODE PIUTANG, PERIODE PERSEDIAAN, DAN PERIODE HUTANG USAHA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”

Anis Zakiyyah Fithriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis signifikansi pengaruh manajemen modal kerja yang diukur menggunakan periode piutang, periode persediaan, dan periode hutang usaha terhadap profitabilitas (Return on Investment) perusahaan otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi berupa laporan keuangan tahunan perusahaan otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010-2014. Data diperoleh melalui situs Bursa Efek Indonesia serta Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Jumlah populasi penelitian ini adalah 12 perusahaan perusahaan otomotif dan komponen yang kemudian dipilih berdasarkan kriteria populasi tertentu dan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 9 perusahaan otomotif dan komponen. Analisis penelitian dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis deskriptif masing-masing variabel penelitian (periode piutang, periode persediaan, periode hutang usaha, dan Return on Investment).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa periode piutang berpengaruh signifikan positif terhadap profitabilitas karena kebijakan kelonggaran kredit dapat meningkatkan penjualan produk otomotif dan komponen. Periode persediaan berpengaruh tidak signifikan dengan arah negatif karena penerapan sistem just-in-time dan praktik out-sourcing pada persediaan. Sedangkan periode hutang usaha berpengaruh signifikan negatif terhadap profitabilitas karena percepatan pembayaran hutang usaha dapat meminimalisasi besarnya potensi biaya modal perusahaan atas pengadaan hutang usaha yang didominasi oleh hutang kepada pemasok dari luar negeri.

Kata Kunci:   Manajemen Modal Kerja, Periode Piutang, Periode Persediaan,Periode Hutang Usaha, Return on Investment.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.