“PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013)”

Siti Qomariah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kinerja keuangan perusahaan yang diukur menggunakan Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Economic Value Added  (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap harga saham perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2013. Penelitian ini dilakukan karena masih terdapat perbedaan hasil penelitian pada beberapa penelitian terdahulu.

Jenis penelitian ini adalah  Explanatory Research  yang menjelaskan hubungan antara variabel dependen dan independen.. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan tahunan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia selama periode tahun 2011-2013. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 16 perusahaan makanan dan minuman, kemudian sampel dipilih dengan metode purposive sampling yaitu berdasarkan kriteria tertentu sehingga   menghasilkan   sampel penelitian sebanyak 11 perusahaan makanan dan minuman. Analisis penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan t test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel ROA, ROE, dan EPS berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham. Sedangkan  EVA dan MVA tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham.

Kata Kunci: Harga Saham, Return On Asset, Return OnEquity,         Earning Per Share, Economic Value Added, Market Value Added.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.