PENGARUH PERILAKU MENCARI VARIASI DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP PERPINDAHAN MEREK PENGGUNA FACEBOOK KE PATH DI INDONESIA

Fentri Nurfaisha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari perilaku mencari variasi (variety seeking behavior) dan atribut produk (product attributes) terhadap keputusan perpindahan merek yang dilakukan oleh pengguna Facebook ke Path di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini termasuk dalam  jenis penelitian identifikasi masalah (problem identification research) dimana dari hasil penelitian ini akan diketahui apakah  kedua variabel bebas, yakni perilaku mencari variasi dan atribut produk berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat, data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengguna Path. Adapun sampel berjumlah 100 orang dan diambil dengan teknik nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Sampel yang dijadikan responden adalah mereka yang berusia antara 13-25 tahun serta merupakan pengguna Path yang sebelumnya memiliki dan menggunakan Facebook sebagai media sosial  namun saat ini sudah tidak lagi menggunakan Facebook. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei menggunakan kuesioner. Kuesioner disebarkan baik secara langsung (personally administered questionnaire) maupun secara tidak langsung (mail questionnaire).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku mencari variasi dan atribut produk berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek pengguna Facebook ke Path. Variabel perilaku mencari variasi dominan dalam mempengaruhi keputusan pengguna Facebook untuk beralih menggunakan Path. Terdapat temuan dalam penelitian ini bahwa pada dasarnya pengguna internet memang senang menggunakan media sosial yang baru bermuculan serta merasa bosan menggunakan Facebook, di sisi lain, mereka merasa tertarik dengan atribut produk Path yang meliputi kualitas, fitur, dan desain dari Path.

Kata Kunci: Perilaku mencari variasi, atribut produk, perpindahan merek, Facebook, Path.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.