PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DIMEDIASI MOTIVASI KERJA PADA DIVISI OPERASIONAL PT. ANGKASA PURA I (PERSERO), BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

Sastya Dwi Ryantama

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap motivasi kerja karyawan, pengaruh motivasi kerja karyawan terhadap kinerja kerja karyawan, pengaruh stres kerja terhadap kinerja kerja karyawan, dan pengaruh stres kerja terhadap kinerja kerja karyawan dimediasi motivasi kerja. Rancangan penelitian ini menggunakan explanatory research. Populasi penelitian ini adalah karyawan di  PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Juanda Surabaya, Jawa Timur. Sampel yang digunakan adalah 161 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner diukur dengan skala Likert, sedangkan analisis data menggunakan teknik path analysis untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap prestasi kerja karyawan dimediasi kemampuan kerja PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Stres Kerja berpengaruh secara langsung dan  signifikan terhadap Motivasi Kerja, (2) Stres Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan, (3) Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Kerja Karyawan, (4) Stres Kerja secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja sebagai variabel intervening pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur. Hal ini menunjukkan bahwa PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur telah mengelola stres kerja dengan baik sebagai cara untuk meningkatkan motivasi kerja dan kinerja karyawan.

Kata kunci: Stres Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.