PERANAN PELATIHAN KETERAMPILAN OLAHAN IKAN DALAM PENINGKATAN KINERJA MASYARAKAT DUSUN TAMBAN DESA TAMBAKREJO KECAMATAN SUMBERMANJING WETAN KABUPATEN MALANG

Sukur Riswanto

Abstract


Penelitian ini membahas tentang deskripsi peranan pelatihan keterampilan olahan ikan dalam peningkatan kinerja pada masyarakat Dusun Tamban Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kinerja masyarakat Dusun Tamban dari hasil pelaksanaan program pelatihan sumber daya manusia.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah masyarakat Dusun Tamban Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposiv sampling dengan informan yang diambil adalah sekretaris desa dan   tiga orang peserta pelatihan. Penulis menggunakan teknik triangulasi sebagai teknik untuk menguji keabsahan data.

Hasil dari penelitian menunjukkan dari adanya peningkatan tingkat kinerja masyarakat dusun Tamban dari pelaksanaan program pelatihan. Peningkatan tingkat kinerja ini ditandai dengan adanya perubahan dari aspek pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude).

Kata Kunci: pelatihan, kinerja, motivasi, masyarakat desa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.