PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN UB GUEST HOUSE

Edy Sumego

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan UB Guest House. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui   indikator-indikator   dalam   motivasi   dan   kepuasan   kerja   yaitu kebutuhan prestasi, kebutuhan afiliasi, kebutuhan akan kekuasaan, gaji, pekerjaan itu sendiri, rekan kerja, sikap pemimpin, kondisi kerja, dan promosi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan objek penelitian adalah UB Guest House. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 40 responden dengan menggunakan teknik total sampling atau sensus. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda. Sementara untuk pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dan uji-F dengan bantuan aplikasi SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan kepuasan kerja berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kinerja karyawan UB Guest House. Secara parsial,  motivasi maupun kepuasan kerja berpengaruh  terhadap kinerja karyawan UB Guest House.

Kata Kunci: Motivasi, Kepuasan Kerja, Kinerja, UB Guest House


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.