PENGARUH ENTERTAINMENT, INFORMATIVENESS, IRRITATION, CREDIBILITY DAN ADVERTISING REPETITION TERHADAP ATTITUDE TOWARD MOBILE ADVERTISING (Studi pada Pengguna Smartphone di Kota Malang)

Michael Powanto

Abstract


Attitude toward Mobile Advertising (sikap terhadap iklan mobile) akan meningkatkan tingkat pemasaran dan keputusan pembelian di masa yang akan datang. Mobile advertising terkait dengan sikap penerima iklan terhadap iklan mobile. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel mobile advertising yang terdiri dari Entertainment, Informativeness, Irritation, Credibility, serta variabel lain yang berpengaruh terhadap Attitude toward Mobile Advertising yaitu Advertising Repetition. Penelitian ini ditujukan kepada pengguna smartphone di Kota Malang.

Populasi penelitian adalah pengguna smartphone yang pernah melihat iklan mobile di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan 105 sampel (105 studi pengguna smartphone di Kota Malang) yang diperoleh melalui purposive sampling. Analisis penelitian menggunakan uji regresi linier berganda dengan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Entertainment, Informativeness, Irritation, Credibility, dan Advertising Repetition berpengaruh secara bersama-sama terhadap Attitude toward Mobile Advertising pada pengguna Smartphone di Kota Malang. Pada studi ini, terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel Entertainment, Irritation, Credibility terhadap Attitude toward Mobile Advertising. Sedangkan variabel Informativeness dan Advertising Repetition tidak berpengaruh signifikan terhadap Attitude toward Mobile Advertising pada pengguna Smartphone di Kota Malang.

Kata Kunci: Mobile Advertising, Entertainment, Informativeness, Irritation, Credibility, Advertising Repetition, Attitude toward Mobile Advertising, Smartphone.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.