STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA DAERAH (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lumajang)
Abstract
Pariwisata menjadi sektor prioritas pembangunan Indonesia, sektor ini
diharapkan menjadi tumpuan devisa Indonesia seiring menurunnya devisa dari
minyak bumi dan batu bara. Salah satu daerah yang memiliki potensi wisata
adalah Kabupaten Lumajang.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui rencana strategi yang sesuai
pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lumajang dalam
mengembangkan sektor pariwisata. Jenis Penelitian yang digunakan adalah
Deskriptif Kualitiatif dimana penelitian ini menggambarkan mengenai kondisi
obyek baik eksternal dan internal secara alamiah dan objektif dengan
menggunakan Tahap Input (Matriks EFE, Matriks IFE), Tahap Pencocokan
(Matriks Internal-Eksternal), Tahap Pencocokan (Matriks QSPM), Tahap
Implementasi (Matriks SWOT).
Hasil analisis data pada Tahap Pencocokan menggunakan Matriks QSPM
diperoleh strategi Pengembangan Produk, kemudian pada Tahap Implementasi
menggunakan Matriks SWOT didapatkan bahwa pengembangan produk
pariwisata tersebut mencakup unsur pokok pengembangan yaitu Atraksi,
Aksesibilitas, Amenitas dan Kelembagaan.
Kata Kunci: Rencana Strategi, Pariwisata, Lumajang, Dinas Kebudayaan dan
Pariwisata Kabupaten Lumajang, Matriks IFE, Matriks EFE,
Matriks IE, Matriks QSPM, Matriks SWOT
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.