Pengaruh Shopping Enjoyment Tendency dan Impulsive Buying Tendency Terhadap Impulsive Buying Behaviour di Carrefour Kota Mojokerto
Abstract
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia dari waktu ke waktu semakin membaik dengan ditandai meningkatnya konsumsi rumah tangga. Peningkatan konsumsi ini menyebabkan banyaknya pola perilaku pembelian impulsif masyarakat khususnya di Carrefour Kota Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh shopping enjoyment tendency dan impulsive buying tendency terhadap Impulsive Buying Behaviour di Carrefour Kota Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey dilakukan kepada 140 responden konsumen Carrefour Kota Mojokerto. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil uji t menunjukkan bahwa impulsive buying tendency berpengaruh positif secara signifikan, sedangkan shopping enjoyment tendency berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Impulsive Buying Behaviour. Variabel yang paling dominan mempengaruhi Impulsive Buying Behaviour yaitu impulsive buying tendency.
Kata kunci: Shopping Enjoyment Tendency, Impulsive Buying Tendency, Impulsive Buying Behaviour.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.