Pengaruh Price Discount Framing (Nominal Persentase dan Teks)Terhadap Niat beli Yang Dimediasi Oleh Persepsi Konsumen Pada Produk Sepatu di Sport Station Malang (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat persaingan bisnis outlet sportwear yang sangat kompetitif dari segi harga promosi, sehingga konsumen akan sangat selektif pada saat akan melakukan pembelian terhadap suatu produk khususnya produk sepatu.. Pemasar dituntut agar dapat menyampaikan pesan penawaran harga promosi kepada konsumen untuk menstimulus niat beli mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel price discount framing terhadap niat beli, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variable persepsi konsumen pada produk sepatu di Sport Station Malang.Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research. Sampel berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan software SPSS versi 20.0. Uji instrumen penelitian meliputi uji validitas, reliabilitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis langsung menggunakan t-test sedangkan hipotesis tidak langsung menggunakan uji sobel.Hasil analisis menunjukkan bahwa price discount framing berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen. Persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Price discount framing berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Sedangkan jika melalui pengaruh tidak langsung, persepsi konsumen secara positif dan signifikan memediasi pengaruh price discount framing terhadap niat beli.
Kata Kunci: price discount framing, persepsi konsumen, niat beli
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.