Pengaruh Brand Image dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Truck Hino ( Studi pada P.T Hudaya Maju Mandiri, Jakarta )

Muhammad Tsaqib Fikri

Abstract


Persaingan yang sangat tinggi dalam industry otomotif khususnya mobil niaga      ( truck ) membuat para pelaku usaha harus melimiki strategi pemasaran yang tepat. Salah satunya adalah membentuk brand image serta reference group. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial brand image dan reference group terhadap keputusan pembelian dan mengetahui mana dari kedua variabel tersebut yang memiliki pengaruh lebih dominan. Penelitian dilakukan terhadap pelanggan P.T. Hudaya Maju Mandiri yang melakukan pembelian pada tahun 2013,2014 dan 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian explanatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis, dimana pengambilan data dilakukan secara langsung kelapangan dengan menggunakan kuesioner (survey). Penelitian ini menggunakan 100 sampel. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Brand image (X1) terhadap Keputusan pembelian (Y) mobil Hino. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel reference group (X2) terhadap Keputusan pembelian (Y) mobil Hino. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan bahwa variable brand image dan reference group cukup tepat karena mampu menjelaskan variabel Y dibandingkan dengan pengaruh variabel diluar model atau error terhadap Y. Dan pengaruh tersebut sebesar (48.3%). 4) Variabel reference group mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap  variabel keputusan pembelian dibandingkan dengan brand image.

Keywords : brand image, reference group, keputusan pembelian, truck Hino.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.