PENGARUH PENDAPATAN, HARGA BARANG, VARIASI BARANG, JARAK, PELAYANAN, DAN LINGKUNGAN EKSTERNAL TERHADAP PILIHAN BERBELANJA KONSUMEN DI HYPERMART (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Brawijaya Asal Jakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, harga barang, variasi barang, jarak lokasi, pelayanan, dan juga lingkungan eksternal terhadap pilihan berbelanja konsumen di Hypermart. Data yang digunakan merupakan data primer, yang merupakan data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara terhadap mahasiswa asal jakarta yang sedang menempuh perkuliahan di Universitas Brawijaya. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian sampling dengan responden sebanyak 50 mahasiswa universitas brawijaya. Pengolahan data menggunakan software SPSS for Windows 20.00 serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan, harga barang, variasi barang, jarak lokasi, pelayanan, dan juga lingkungan eksternal terhadap pilihan berbelanja konsumen di Hypermart. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan pendapatan dan harga barang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pilihan berbelanja konsumen di pasar moderen, sedangkan untuk variasi barang, jarak lokasi, pelayanan, dan juga lingkungan eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pilihan berbelanja konsumen di pasar moderen .
Kata Kunci: Pendapatan, Harga barang, Variasi barang, Jarak lokasi, Pelayanan, Eksternalitas, Pasar moderen, Pilihan berbelanja konsumen, Universitas Brawijaya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.