ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PROFITABILITAS PERBANKAN (STUDI KASUS PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH NUSA TENGGARA BARAT (BANK NTB) PERIODE 2007-2014)

I Nengah Aryadi Gunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel Loan to Deposit Ratio (LDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Loan (NPL), pertumbuhan PDRB, dan inflasi terhadap Return on Asset(ROA) . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Barat (Bank NTB) pada periode 2007-2014. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji hipotesis yakni uji F dan uji t statistik, dan uji determinasi. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi.

Berdasarkan hasil uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterosekdastisitas, dan uji autokorelasi, tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa Loan to Deposit Ratio (LDR), Net Interest Margin (NIM), Non Performing Loan (NPL), pertumbuhan PDRB, dan inflasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return on  Asset (ROA) sedangkan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Biaya Operasinal dan Pendapatan Operasional (BOPO) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return on Asset (ROA) pada Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Barat (Bank NTB) pada periode 2007-2014 dengan level signifikan 10%. Kemampuan variabel bebas menjelaskan terhadap Return on Asset sebesar 82% sedangkan sisanya 12% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian.

Kata kunci: Return on Asset (ROA), Loan to Deposit Ratio (LDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO),


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.