Analisis Pengaruh Tangibility dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty pada Rumah Makan Inggil Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tangibility dan customer satisfaction terhadap customer loyalty Rumah Makan Inggil Malang baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 110 responden yang diambil dari populasi konsumen Rumah Makan Inggil. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karakteristik sampel yang dipilih yaitu, minimal berusia 17 tahun, minimal pernah 1 kali mengunjungi Rumah Makan Inggil, dan mempunyai keinginan untuk mengunjungi kembali Rumah Makan Inggil. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari pengujian ini dapat disimpulkan bahwa variabel tangibility mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap variabel customer satisfaction Rumah Makan Inggil. Variabel customer satisfaction mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap variabel customer loyalty Rumah Makan Inggil. Variabel tangibility mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap variabel customer loyalty Rumah Makan Inggil. Variabel tangibility mempunyai pengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap variabel customer loyalty melalui customer satisfaction Rumah Makan Inggil.
Kata kunci: Tangibility, Customer Satisfaction, Customer Loyalty
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.