Analisis Pengaruh Tangibility dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty pada Rumah Makan Inggil Malang

Niken Larasati Warsito

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tangibility dan customer satisfaction terhadap  customer loyalty Rumah Makan Inggil Malang baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak   110  responden  yang  diambil   dari   populasi   konsumen  Rumah  Makan  Inggil. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karakteristik sampel yang dipilih yaitu, minimal berusia 17 tahun, minimal pernah 1 kali mengunjungi Rumah Makan Inggil,  dan mempunyai  keinginan  untuk  mengunjungi  kembali  Rumah  Makan  Inggil.  Alat  uji  yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Teknik analisis data menggunakan analisis  jalur  (path  analysis).  Hasil  dari  pengujian  ini  dapat  disimpulkan  bahwa  variabel tangibility   mempunyai   pengaruh   langsung   secara   signifikan   terhadap   variabel   customer satisfaction Rumah Makan Inggil. Variabel customer satisfaction mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap variabel customer loyalty Rumah Makan Inggil. Variabel tangibility mempunyai  pengaruh  langsung  secara  signifikan  terhadap  variabel  customer  loyalty  Rumah Makan  Inggil.  Variabel  tangibility  mempunyai  pengaruh  tidak  langsung  secara  signifikan terhadap variabel customer loyalty melalui customer satisfaction Rumah Makan Inggil.

Kata kunci: Tangibility, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.