PENGARUH PRODUK, PROMOSI, HARGA, DAN DISTRIBUSI PRODUK TERHADAP BRAND SWITCHING PADA PRODUK SAMPOERNA A MILD DI KOTA MALANG

Ahsanul Qoshoshi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, promosi, harga, dan distribusi produk terhadap  brand switching pada produk rokok Sampoerna A Mild di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan studi literatur.

Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang diambil dari populasi konsumen rokok Sampoerna A Mild. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karakteristik sampel yang dipilih yaitu, perokok yang dulunya bukan perokok Sampoerna A Mild namun saat ini berpindah dan mengkonsumsi rokok Sampoerna A Mild. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t, uji f dan uji dominan.

Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan dengan uji t bahwa variabel produk, promosi, harga, dan distribusi produk mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap variabel brand switching pada produk Sampoerna A Mild di Kota Malang, sedangkan dengan uji f dapat disimpulkan bahwa variabel produk, promosi, harga, dan distribusi produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel brand switching pada produk Sampoerna A Mild di Kota Malang, dan melalui koefesien regresi, promosi lebih dominan mempengaruhi brand switching pada produk rokok Sampoerna A Mild di Kota Malang.

Kata kunci: Produk, Promosi, Harga, Distribusi Produk, Brand Switching


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.