ANALISIS PENGARUH PERCEIVED VALUE DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA VOSCO COFFEE MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived value dan customer satisfaction terhadap customer loyalty Vosco Coffee Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan studi literatur.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 150 responden yang diambil dari populasi konsumen Vosco Coffee. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Karakteristik sampel yang dipilih yaitu, minimal berusia 16 tahun, minimal pernah 1 kali mengunjungi Vosco Coffee Malang, dan mempunyai keinginan untuk mengunjungi kembali Vosco Coffee Malang. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t, uji f dan uji dominan.
Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan dengan uji t bahwa variabel perceived value mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap variabel customer loyalty Vosco Coffee Malang dan variabel customer satisfaction juga mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap variabel customer loyalty Vosco Coffee Malang, sedangkan dengan uji f dapat disimpulkan bahwa variabel perceived value dan variabel customer satisfaction secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel customer loyalty Vosco Coffee Malang, dan melalui koefesien regresi, perceived value lebih dominan mempengaruhi customer loyalty Vosco Coffee Malang.
Kata kunci: Perceived Value, Customer Satisfaction, Customer Loyalty.Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.