Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Behavior pada Retail Fashion ( Studi pada Retail 3Second Jl.Soekarno-Hatta, Kota Malang)

I Komang Nata Kusuma

Abstract


       Perkembangan pada sector retail pada dekade terakhir mengalami peningkatan. Ini ditopang melalui berbagi  strategi/teknik pemasaran yang digunakan retail tersebut yang yang salah satunya menjadi topic penelitian yaitu Visual Merchandising, visual Merchandising merupakan sebuah teknik mempresentasikan produk secara visual sehingga menarik perhatian konsumen.Visual Merchandising memiliki beberapa   fungsi yang salah satunya yaitu menstimulus Impulse Buying Behavior yang merupakan perilaku pembelian yang tidak terencanakan yang berasal dari stimulus panca indra dan berdasarkan keinginan . Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Visual merchandising terhadap Impulse Buying Behavior secara Simultan dan Parsial; dan mengetahui pengaruh dominan variabel bebas dari Visual merchandising yang mempengaruhi Impulse Buying Behavior. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan kuisioner dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria pelanggan 3Second yang berbelanja secara tidak terencana bejumlah sebanyak 140 orang. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat pengaruh simultan yang signifikan terhadap Visual Merchandising terhadap Impulse Buying Behavior. Variabel yang memiliki pengaruh parsial adalah Promotional Signage, Merchandise Display, Mannequin Display , Store Front ,Window Display. Sedangkan Layout And Organization, Store Environment tidak memiliki pengaruh parsial. Promotional Signage merupakan varibel dominan yang mempengaruhi Impulse Buying Behavior.

Kata Kunci : Visual Merchandising, Impulse Buying Behavior, 3Second, Fashion Retail.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.