PENGARUH KOMPETENSI KERJA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIER KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA (STUDI PADA KARYAWAN BEBERAPA CAFÉ DI MALANG)

MUHAMMAD ARIE SYIHABUDDIN A

Abstract


Penelitian ini mengambil lokasi di dua tempat yakni Let’s Meat Up yang beralamat  di  Jl.  Soekarno  Hatta PTP  I no.  1  Kota Malang dan  Ria  Djenaka Shining Batu yang beralamat di Jl. Ir. Soekarno no. 142 Beji Kota Batu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung kompetensi kerja terhadap pengembangan karier karyawan, pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap pengembangan karier karyawan, pengaruh langsung kompetensi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan, dan pengaruh tidak langsung kompetensi kerja terhadap pengembangan karier melalui kepuasan kerja karyawan.

Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 50 responden dan teknik pengambilan  sampel  yang  digunakan  adalah  simple  random  sampling.  Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path). Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) Kompetensi kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan kerja karyawan food and baverage industry, (2)   Kepuasan   kerja   tidak   memiliki   pengaruh   yang   signifikan   terhadap

pengembangan  karier karyawan  food  and  baverage industry,  (3) Komptetensi kerja  memiliki  pengaruh  yang  positif  dan  signifikan  terhadap  pengembangan karier karyawan food and baverage industry, (4) Pengaruh tidak langsung kompetensi kerja terhadap pengembangan karier melalui kepuasan kerja memiliki pengaruh yang signifikan. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah sampel yang digunakan pada penelitian ini tidak diklasifikasikan secara khusus antar job department. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dilaksanakan pada lingkup yang lebih luas.

 

Kata kunci: Kompetensi Kerja, Kepuasan Kerja, Pengembangan Karier

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.