Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi Pengelola Keuangan Daerah (SIPKD) (Studi Kasus pada Pemerintah Kota Blitar)

Aldillah Reza Mahendra, Didied Poernawan Affandy

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan sistem informasi pengelola keuangan daerah (SIPKD) dengan menggunakan sebagian model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang diajukan oleh Venkatesh (2003). Penelitian ini berdasarkan hasil uji terhadap 66 responden pengguna sistem informasi pengelola keuangan daerah yang bekerja pada satuan kerja di lingkup Pemerintah Kota Blitar, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan kuisioner yang disebarkan secara langsung dengan metode purposive sampling dan menggunakan teknik regresi berganda untuk menguji data penelitian dengan bantuan software SPSS 14. Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen, yaitu: ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan faktor sosial serta satu variabel dependen, yaitu: minat pemanfaatan sistem informasi pengelola keuangan daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial, ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan faktor sosial berpengaruh secara signifikan terhadap minat pemanfaatan sistem informasi pengelola keuangan daerah.

 

Kata Kunci: ekspektasi usaha, ekspektasi kinerja, faktor sosial dan minat pemanfaatan sistem informasi pengelola keuangan daerah (SIPKD).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.