ANALISIS PERUMUSAN STRATEGI UNTUK UBUD HOTEL & VILLAS MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan internal yang dimiliki dan lingkungan eksternal yang dihadapai oleh Ubud Hotel & Villas, sehingga dapat ditentukan strategi yang tepat dan sesuai untuk diterapkan pada Ubud Hotel & Villas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, dengan menganalisis data, dan menginterpretasikannya. Data-data yang diteliti meliputi aspek lingkungan internal maupun eksternal Ubud Hotel & Villas, sehingga dapat ditemukan peluang, ancaman yang harus dihadapi, serta kekuatan, dan kelemahan Ubud Hotel & Villas dalam menghadapi pesaingnya. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks IE, dan Matriks QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan eksternal dan internal berpengaruh terhadap pemilihan strategi yang tepat untuk Ubud Hotel & Villas. Strategi yang tepat tersebut ialah strategi pengembangan produk dengan Total Skor Daya Tarik sebesar 6,03. Strategi pengembangan produk ini adalah di mana perusahaan akan memusatkan atau memfokuskan diri pada usaha untuk meningkatkan penjualannya melalui pengembangan dan perbaikan produk yang ada saat ini agar lebih baik dari para pesaingnya dan dengan harga yang bersaing juga.
Kata Kunci: Strategi, Perumusan Strategi, Faktor Internal dan Eksternal, SWOT
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.