ANALISIS PERUMUSAN STRATEGI UNTUK UBUD HOTEL & VILLAS MALANG

Vashty Islamey Kasyfillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan internal yang dimiliki dan  lingkungan eksternal yang  dihadapai oleh Ubud  Hotel & Villas, sehingga dapat ditentukan strategi yang tepat dan sesuai untuk diterapkan pada Ubud Hotel & Villas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, dengan menganalisis data, dan menginterpretasikannya. Data-data yang diteliti meliputi aspek lingkungan internal maupun eksternal Ubud Hotel & Villas, sehingga dapat ditemukan peluang,  ancaman  yang  harus  dihadapi,  serta kekuatan,  dan  kelemahan Ubud Hotel & Villas dalam menghadapi pesaingnya. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks IE, dan Matriks QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan eksternal dan internal berpengaruh terhadap pemilihan strategi yang tepat untuk Ubud Hotel & Villas. Strategi yang tepat tersebut  ialah strategi pengembangan produk dengan Total Skor Daya Tarik sebesar 6,03. Strategi pengembangan produk ini adalah di mana perusahaan akan memusatkan atau memfokuskan diri pada usaha untuk meningkatkan penjualannya melalui pengembangan dan perbaikan produk yang ada saat ini agar lebih baik dari para pesaingnya dan dengan harga yang bersaing juga.

Kata Kunci: Strategi, Perumusan Strategi, Faktor Internal dan Eksternal, SWOT



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.