Minat Penggunaan Sistem Informasi Electronic Commerce : Pendekatan Dekomposisi Model Kesuksesan DeLone dan McLean

Noor Wahyu Mustikasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan minat dalam menggunakan E-Commerce dengan model kesuksesan E-Commerce DeLone dan McLean yang   disesuaikan. Obyek penelitian adalah mahasiswa S1 FEB UB yang berstatus aktif dan menggunakan E-Commerce. Respon yang diperoleh adalah sebanyak 201 mahasiswa. Peneliti menggunakan teknik regresi berganda untuk menguji data penelitian dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi,  dan kepercayaan  berpengaruh  signifikan  terhadap  kepuasan pengguna  dan kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan E-Commerce. Sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifakan terhadap kepuasan pengguna. Implikasi  dari  penelitian  ini  menyesuaikan model  penelitian  milik  DeLone  dan  McLean (2003) dan hasil penelitian relevan dalam hal mengembangkan faktor yang mendukung kesuksesan E-Commerce.

Kata Kunci: E-Commerce, model kesuksesan DeLone dan McLean, minat penggunaan, kepuasan pengguna, kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, kepercayaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.