PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN KONSEKUENSINYA TERHADAP NILAI PASAR (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014)

Muhammad Ihsan, Achmad Zaky

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan dan konsekuensinya terhadap nilai pasar pada perusahaan perbankan. Intellectual capital diukur dengan metode VAICTM (Value Added  Intellectual  Coefficient)  dan  dijadikan  sebagai variabel  independen. Kinerja keuangan diukur memakai ROA (Return on Asset) dan dijadikan sebagai

variabel dependen dan variabel intervening. Nilai pasar diukur memakai PBV (Price to Book Value) dan dijadikan sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sektor perbankan periode 2012-2014. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 81 sampel penelitian berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Hipotesis diuji dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intellectual capital berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan dan secara tidak langsung memiliki konsekuensi terhadap nilai pasar. Hasil ini menguatkan resources based theory dan stakeholder theory yang menyatakan bahwa keunggulan kompetitif dapat tercapai jika perusahaan berhasil mengelola sumber daya dengan baik dan adil.

Kata Kunci: Intellectual Capital, VAICTM, Kinerja Keuangan, ROA, Nilai Pasar, PBV.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.