Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Strategi Bisnis Pada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Kantor Wilayah BRI Malang)

Binar Pilaradiwangsa

Abstract


            Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan PT Bank Rakyat Indonesia. Kegiatan CSR yang dilaksanakan oleh Bank BRI berdasarkan konsep triple bottom line atau 3P (profit, people, planet) adalah sebagai kegiatan bisnis yang menjadi strategi perusahaan di masa yang akan datang dengan membentuk corporate image. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan ditujukan pada bagian Business Program PT Bank Rakyat Indonesia sebagai pelaksana CSR Bank BRI Kantor Wilayah Malang.

            Hasil dari penelitian ini berdasarkan konsep triple bottom line, Bank BRI telah melaksanakan kegiatan dengan baik meskipun belum optimal. Namun, dalam kegiatan CSR ini ada satu komponen yang belum dilaksanakan secara optimal, yakni community and culture.

            Dari hasil penelitian tersebut, penulis dapat memberikan saran yakni (a) memperluas kegiatan CSR sesuai dengan konsep 3P, (b) melakukan kontroling pada setiap kegiatan CSR, (c) pihak BRI harus menyadari bahwa CSR sangat penting untuk tujuan jangka panjang perusahaan guna tercapainya Good Corporate Governance (GCG).      

Kata Kunci      : Corporate Social Responsibility (CSR), Implementasi CSR, Strategi Perusahaan, Triple Bottom Line (3P, profit, people, planet)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.