PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN PROFESI SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK DAN NON AKUNTAN PUBLIK (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Ayu Rachmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  persepsi mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya mengenai faktor-faktor yang membedakan pemilihan karir, perbedaan diantara mahasiswa akuntansi yang memilih profesi sebagai akuntan publik, akuntan perusahaan, akuntan pemerintah dan akuntan pendidik ditinjau dari gaji, pelatihan kerja, pengakuan, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pasar kerja, dan nilai intrinsik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang dengan kriteria yaitu masih aktif menjadi mahasiswa pada jurusan akuntansi serta mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah pengauditan.  Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji T dengan bantuan sofware SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan persepsi mahasiswa jurusan akuntansi dalam menentukan profesi sebagai akuntan publik dan non akuntan publik dapat dibedakan melalui faktor gaji, pelatihan kerja, pengakuan, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pasar kerja, dan nilai intrinsik. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan perekrutan karyawan, sehingga persepsi antara pemilik dengan calon karyawan akan selaras dan bagi akademisi hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan kurikulum materi perkuliahan.

Kata Kunci: persepsi, gaji, pelatian kerja, pengakuan, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pasar kerja, dan nilai intrinsik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.