Pengaruh Reliability,Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangible Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Outlet Yang Bermitra Dengan PT. Parastar Distrindo)

Dicky Surya Putra Pradana

Abstract


PT.  Parastar  Distrindo  merupakan  perusahaan  bergerak  di  bidang  jasa  penjualan  produk Smartfren dimana fokus utamanya menjadi perusahaan jasa yang mengutamakan terciptanya kepuasan pelanggan yaitu outlet. Dengan terciptanya kepuasan pelanggan, maka ada hubungan positif antara perusahaan dengan pelanggan yang keduanya saling membutuhkan dengan munculnya pembelian ulang dan terciptanya loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini   untuk mengetahui pengaruh positif   reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible terhadap  kepuasan  konsumen  pada  outlet  yang  bermitra  dengan  PT.  Parastar  Distrindo. Penelitian ini dilaksanakan di outlet-outlet yang bermitra dengan PT. Parastar Distrindo dengan sampel sebanyak 120 outlet diambil secara random sampling. Analisis data secara deskriptif digunakan untuk menginterpretasi distribusi frekuensi jawaban responden pada kuesioner, sedangkan untuk data kuantitatif digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variable reliability, responsiveness,  assurance dan emphaty memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variable tangible tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil koefisien determinasi (R2) didapatkan hasil bahwa variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible 69,9% berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan 31,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangible.

Kata    Kunci    :    Reliability,   Responsivene,    Assurance,    Emphaty,    Tangible,    kepuasan konsumen PT.Parastar Distrindo


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.