Pengaruh Reliability,Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangible Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Outlet Yang Bermitra Dengan PT. Parastar Distrindo)
Abstract
PT. Parastar Distrindo merupakan perusahaan bergerak di bidang jasa penjualan produk Smartfren dimana fokus utamanya menjadi perusahaan jasa yang mengutamakan terciptanya kepuasan pelanggan yaitu outlet. Dengan terciptanya kepuasan pelanggan, maka ada hubungan positif antara perusahaan dengan pelanggan yang keduanya saling membutuhkan dengan munculnya pembelian ulang dan terciptanya loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh positif reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible terhadap kepuasan konsumen pada outlet yang bermitra dengan PT. Parastar Distrindo. Penelitian ini dilaksanakan di outlet-outlet yang bermitra dengan PT. Parastar Distrindo dengan sampel sebanyak 120 outlet diambil secara random sampling. Analisis data secara deskriptif digunakan untuk menginterpretasi distribusi frekuensi jawaban responden pada kuesioner, sedangkan untuk data kuantitatif digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variable reliability, responsiveness, assurance dan emphaty memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variable tangible tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil koefisien determinasi (R2) didapatkan hasil bahwa variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible 69,9% berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan 31,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangible.
Kata Kunci : Reliability, Responsivene, Assurance, Emphaty, Tangible, kepuasan konsumen PT.Parastar Distrindo
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.