AUDIT MANAJEMEN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS FUNGSI PEMASARAN PADA PT. BINTANG MAS GLASSOLUTIONS (BMG)

Priskila Rahmania

Abstract


AEC (ASEAN Economic Community) mengakibatkan persaingan antar pelaku usaha semakin ketat dan kompetitif. Perusahaan harus mampu menentukan strategi bersaing dan menjalankan fungsi pemasaran dengan efektif untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Salah satu alat ukur yang dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas fungsi pemasaran adalah melalui audit manajemen pemasaran. Audit manajemen atas fungsi pemasaran yang dilakukan pada PT. Bintang Mas Glassolutions (BMG) bertujuan untuk menilai efektivitas pelaksanaan fungsi pemasaran, serta menemukan faktor-faktor yang menjadi kelemahan perusahaan untuk dapat diberikan saran dan rekomendasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Penilaian efektivitas pelaksanaan fungsi pemasaran dilakukan dengan cara membandingkan criteria, cause, dan effect. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan fungsi pemasaran secara umum belum berjalan dengan efektif dan masih terdapat beberapa faktor yang menjadi kelemahan perusahaan baik dalam segi internal maupun eksternal.

Kata Kunci: Audit Manajemen, Efektivitas, Fungsi Pemasaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.