PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA UMKM KERIPIK BUAH DI WILAYAH MALANG RAYA)

Muhammad Fakhri Rasyidi

Abstract


Persaingan bisnis pada saat ini, menuntut untuk setiap pemilik bisnis memahami kondisi sekitar dengan baik. Selain itu memberikan pemahaman pada pemilik bisnis untuk dapat memberikan produk dan pelayanan yang diharapkan oleh konsumen. Pemilik bisnis memerlukan sebuah  orientasi  kewirausahaan  untuk  mencapai  kemampuan  kreatif  dan  inovatif  sebagai peluang menuju kesuksesan serta keunggulan bersaing yang sesuai untuk meningkatkan kinerja pemasaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran yang dimediasi oleh keunggulan bersaing. Hasil tersebut dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan suatu kinerja pemasaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan variabel orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan statistik inferensial. Data primer yang dijadikan bahan analisis berasal 70 responden pemilik  UMKM  keripik  buah  di  Malang  Raya.  Data  yang  telah  dikumpulkan  kemudian dianalisis menggunakan SPSS.

Hasil dari penilitian ini adalah bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Orientasi kewirausahaan yang baik secara langsung dapat meningkatkan kinerja pemasaran juga keunggulan bersaing yang baik dapat mampu meningkatkan kinerja pemasaran.

Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.