KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN INDUSTRI TERHADAP FORMALITAS PERUMUSAN STRATEGI PADA UMKM DI MALANG (Studi Pada UMKM Olahan Susu Sapi Malang, Olahan Keripik Buah Malang, Olahan Keripik Tempe Sanan Malang)

Aswin Hardianto

Abstract


Jenis yang digunakan adalah penelitaian eksplanatori dengan lima variabel bebas yaitu : kekuatan pembeli (X1), pesaing yang ada (X2), Barang Subtitusi (X3), pendatang baru (X4) dan pemasok (X5). Serta variabel terikat yaitu : formalitas strategi (Y). Penelitian ini dilakukan pada UMKM produk olahan susu, keripik buah dan keripik tempe sanan yang ada di Malang. Dengan sampel yang didapat sebanyak 62 pemilik dari ketiga UMKM tersebut, yang bersekala rumah tangga, sekala kecil dan menengah. Sumber menggunkan data primer, dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisi secara simultan, parsial. Untuk mengetahui pengaruh variabel - variabel  tersebut terhadap formalitas perumusan strategi digunakan analisis regresi linier berganda.

Dari penelitian ini didapatkan variabel – variabel baru yang berpengaruh secara simultan, yang mempengaruhi dalam formalitas perumusan strategi yaitu pembeli (X1), pesaing yang ada (X2), Barang Subtitusi (X3), pendatang baru (X4) dan pemasok (X5) variabel-variabel terebut yang berpengaruh secara signifikan terhadap formalitas perumusan strategi (Y). Terdapat satu variabel dalam analisis secara parsial yaitu variabel pendatang baru (X4) yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap formalitas perumusan strategi, dan variabel barang subtitusi yang berpengaruh secara dominan terhadap formalitas perumusan strategi pada UMKM olahan susu, keripik buah dan keripik sanan di Malang.

Kata kunci : Ketidakpastian lingkungan industri, Formalitas perumusan strategi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.