IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Kasus di PT BNI Tbk)

Eldy Cahyo Laksono

Abstract


Program CSR (Corporate Social Responsibility) adalah sebuah konsep tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan demi kelangsungan dan keberlanjutan dari kegiatan produksi perusahaan. CSR ini adalah konsep untuk membangun citra perusahaan dengan cara memberikan bantuan sarana dan prasarana umum kepada setiap pemangku kepentingan (stakeholders).

PT BNI Tbk adalah sebuah perusahaan Negara yang bergerak di bidang Keuangan. Sebagai perusahaan yang termasuk dalam BUMN, BNI wajib untuk menerapkan program CSR dalam setiap kegiatan produksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi CSR yang sudah dilakukan oleh PT BNI Tbk; bagaimana kebijakan dan program yang dilakukan; dan menemukan masalah yang terjadi selama proses pelaksanaan CSR. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam melakukan analisa atas setiap kegiatan CSR yang dilakukan BNI. Dengan berdasarkan teori CSR oleh Alan Atkisson, penelitian ini dapat dibandingkan dengan teori tersebut dan dapat diukur keefektivitasan program CSR dari BNI.

Berdasarkan hasil penelitian, implementasi BNI ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu BNI – menuju kemajuan sumber daya manusia, BNI – mencapai profitabilitas, dan BNI – menjaga kelestarian alam. Lalu, kebijakan dan program yang dilakukan BNI berbentuk PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) yang memberikan bantuan di berbagai macam bidang yang sudah ditentukan. Dan dalam rangka pengungkapan laporannya, BNI menggunakan standar GRI (Global Reporting Initiative) yang telah banyak digunakan oleh banyak perusahaan di seluruh dunia. Program CSR dari BNI sendiri tidak mengalami kendala yang berarti dan dapat dipecahkan dengan mudah dengan solusi yang cerdas seperti contohnya kasus masyarakat yang kurang mandiri dan solusinya diberi pelatihan dan difokuskan pada bidang yang menurut mereka paling bisa dilakukan. Secara keseluruhan, Program CSR PT BNI sudah berjalan dengan baik dan selalu berdasarkan asas berkelanjutan.

Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Global Reporting Initiative, Implementasi, Kebijakan, Pelaporan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.