PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP HARGA SAHAM MELALUI KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PADA TAHUN 2009 - 2011

Puput Wijayanti

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menginvestigasi hubungan antara Intelectual Capital (VAICTM) dengan harga saham melalui kinerja keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini dilakukan dengan menguji pengaruh Intelllectual Capital (VAICTM) sebagai variabel independen terhadap harga saham sebagai variabel dependen melalui kinerja keuangan perusahaan (ROE dan EPS) sebagai variabel intervening.

Sampel penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI pada periode 2009-2011. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 23 perusahaan perbankan yang telah memenuhi kriteria sampel. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan metode path analysis.

Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh antara Intellectual Capital (VAICTM) dan kinerja keuangan baik melalui ROE maupun EPS. ROE tidak berpengaruh terhadap harga saham sedangkan EPS berpengaruh terhadap harga saham. Penelitian ini juga menemukan tidak ada hubungan antara Intellectual Capital (VAICTM) dan harga saham. Dari penemuan-penemuan tersebut dapat disimpulkan bahwa Intellectual Capital (VAICTM) berpengaruh secara tidak langsung terhadap harga saham melalui kinerja keuangan yang dihitung melalui EPS.

 

Kata kunci : Intellectual Capital (VAICTM), Harga Saham, ROE, EPS, Path analysis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.