ANALISI PENGARUH SERVICE SCAPE TERHADAP REVISITE INTENTION YANG DIMEDIASI PLEASURE FEELING DAN PERCEIVED SERVICE QUALITY PADA THEME RESTO (STUDI PADA TAMAN INDIE RESTO MALANG)

Panji Rahmana Aniswara

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh bisnis-bisnis restoran atau  rumah makan yang berkembang pesat di Indonesia. Sifat masyarakat yang konsumtif termasuk dari cara mereka memilih restoran, pengusaha restoran didorong untuk selalu inovatif dan kreatif agar menarik pengujung dan  mejaga pengunjungnya datang kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Service Scape terhadap Revisite Intention yang di mediasi oleh Pleasure Feeling dan Perceived Service Quality, baik secpuara langsung maupun tidak langsung pada pengunjung Taman Indie Resto Malang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research dengan metode survey. Sampel berjumlah 160 responden dengan teknik pengambilan sampel  purposive sampling. Metode analisis menggunakan PLS SEM dengan software SmartPLS 3.0. Uji instrumen penelitian meliputi uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis. Uji hipotesis langsung menggunakan t-test sedangkan hipotesis tidak langsung menggunakan uji sobel. Hasil analisis menunjukkan bahwa service scape berpengaruh positif dan signifikan terhadap pleasure feeling, service scape berpengaruh signifikan dan positif terhadap perceived service quality, pleasure feeling terhadap revisite intention munujukkan hasil yang signifikan dan positif pula, percieved service quality terhadap revisite intention berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan jika melalui penagruh tidak langsung, service scape terhadap revisite intention melalui pleasure feeling menghasilkan pengaruh positif dan signifikan, dan pengaruh service scape terhadap revisite intention melalui perceived service quality dimana didapatkan hasil yang positif dan signifikan.

Kata Kunci: Service Scape, Pleasure feeling, Perceived Service Quality, Revisite Intention.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.