Pengaruh Komunikasi Interpersonal Karyawan Travel Terhadap Kinerja Karyawan Zena Travelindo Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi interpersonal antar sesama karyawan di perusahaan travel terhadap keseluruhan kinerja di Zena Travelindo Malang. Di dalam dunia bisnis yang modern ini, peningkatan komunikasi interpersonal dibutuhkan untuk memperlancar aliran komunikasi dalam perusahaan. Khususnya di Zena Travelindo Malang dibutuhkan aliran komunikasi yang cepat, tepat, dan efisien antara manajemen dan sopir agar kinerja menjadi optimal. Indikator penilaian efektivitas komunikasi interpersonal menggunakan 5 sikap positif dalam berkomunikasi, yaitu: (1) Keterbukaan, (2) Empati, (3) Sikap mendukung, (4) Sikap positif,, dan (5) Kesetaraan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan keseluruhan populasi sebanyak 45 responden yang diambil dari seluruh pegawai Zena Travelindo Malang. Metode pengumpulan data melalui cara penyebaran angket/kuisioner penelitian dan pencatatan dokumen yang terdapat di perusahaan. Alat uji yang digunakan antara lain uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji hipotesis baik secara parsial, simultan, dan uji dominan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama, ditemukan bahwa variabel komunikasi interpersonal yang terdiri dari Keterbukaan, Empati, Sikap Mendukung, Sikap Positif, dan Kesetaraan bersama- sama berpengaruh terhadap Kinerja karyawan Zena Travelindo. Kemudian berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua, ditemukan bahwa variabel komunikasi interpersonal yang terdiri dari Keterbukaan, Empati, Sikap Mendukung, Sikap Positif, dan Kesetaraan masing-masing berpengaruh terhadap kinerja karyawan Zena Travelindo. Selanjutnya variabel komunikasi interpersonal yang berpengaruh dominan adalah Sikap Positif.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Kinerja Karyawan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.