PENGARUH ARUS KAS BEBAS, KEBIJAKAN PIUTANG, TINGKAT PERPUTARAN ASET, DAN TINGKAT PERTUMBUHAN ASET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2011-2014)

Dias Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh arus kas bebas, kebijakan hutang, tingkat perputaran aset, dan tingkat pertumbuhan aset terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.  Penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat melalui pengujian hipotesis. Pada penelitian ini variabel bebas terdiri dari arus kas bebas, kebijakan hutang, tingkat perputaran aset, dan tingkat pertumbuhan aset, sedangkan variabel terikat adalah kebijakan dividen.

            Periode penelitian ini adalah tahun 2011 - 2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F, uji t, dan uji R2 sebagai pengujian hipotesis.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh variabel bebas yang terdiri dari arus kas bebas, kebijakan hutang, tingkat perputaran aset, dan tingkat pertumbuhan aset secara simultan dan variabel arus kas bebas tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, kebijakan hutang dan tingkat perputaran asset berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Besarnya R Square variabel independen terhadap kebijakan dividen adalah sebesar 75,1%.

 

Kata kunci : Kebijakan Dividen, Arus Kas Bebas, Kebijakan Hutang,  Tingkat Perputaran Aset, dan Tingkat Pertumbuhan Aset

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.