STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS KARYAWAN (STUDI PADA PT BANK CENTRAL ASIA KCU JEMBER)

Gevi Auliano

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan kualitas karyawan yang diterapkan, program – program yang diterapkan dan hambatan yang dialami oleh PT Bank Central Asia – Kantor Cabang Utama Jember dalam melakukan pengembangan karyawan. Peneliti menggunakan teori pengembangan karyawan Werther & Davis sebagai pendekatan dalam melakukan analisis. Selain itu peneliti juga menggunakan teori pengembangan karyawan dari Hasibuan. Penelitian ini merupakan penelitian desktiptif yang menggambarkan dan  menganalisis data yang diperoleh selama penelitian dengan pendekatan secara kualitatif. Peneliti menjadikan Ibu Nurmalia Puspitarini sebagai narasumber dan informan utama dari pihak BCA, beliau merupakan Kepala Layanan BCA Jember. Narasumber dipilih karena mengetahui langsung bagaimana strategi pengembangan karyawan yang dilakukan oleh BCA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan karyawan BCA Jember adalah melalui metode pelatihan dan pendidikan. Program – program pelatihan dan pendidikan dilakukan melalui on the job training yaitu pendidikan pra jabatan dan coaching serta melalui off the job training yaitu trainingreguler, e – learning, smartsolution reward program, video based training, worklife balance, community of practice, dan dialog layanan. Program coaching, e – learning dan training reguler berhasil meningkatkan kualitas dan kinerja karyawan. Hambatan yang dialami oleh BCA Jember adalah jam kerja yang padat, terbatasnya dana pengembangan, perbedaan kondisi di daerah dan tidak adanya bagian SDM di kantor cabang.

Kata Kunci :Strategi Pengembangan Kualitas Karyawan, Pendidikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.