ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI DASAR KEBIJAKAN PERENCANAAN LABA DAN PERENCANAAN PENJUALAN (STUDI PADA CV HASIL KARYA DI KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2014 - 2016)

Bakhrul Fadlillah Akbar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penjualan minimal yang harus dipertahankan agar tidak mengalami kerugian dan tingkat penjualan yang harus dicapai CV Hasil
Karya pada laba tertentu pada tahun 2014, 2015, dan 2016, Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perubahan elemen penentu break even point terhadap perencanaan laba CV Hasil Karya pada tahun 2014, 2015, dan 2016. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif yakni menuturkan pemecahan masalah yang ada saat ini berdasarkan data yang didapatkan. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan secara langsung oleh penulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin kecil nilai BEP suatu produk, maka perusahaan sebaiknya mengutamakan untuk memproduksi produk tersebut. Hasil lain menunjukkan bahwa dalam analisis break even point, terdapat tiga hal yang sangat berpengaruh, yang pertama adalah komposisi penjualan, apabila kompoisisi penjualan berubah tanpa diikuti perubahan faktor lain maka akan berpengaruh pada contribution margin dan turut mempengaruhi break even point.Selanjutnya apabila biaya tetap mengalami kenaikan dengan biaya lain tidak berubah maka BEP perusahaan akan naik dan laba bersih akan turun, dan sebaliknya. Yang ketiga adalah harga produk,
apabila harga mengalami kenaikan dengan faktor lain tidak berubah maka nilai BEP akan semakin turun dan laba bersih semakin naik, dan sebaliknya.


Kata Kunci : Perencanaan Laba, Perencanaan Penjualan, Break Even Point, Contribution Margin, Ratio Contribution Margin


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.