PENGARUH PROFITABILITAS, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN BANK MILIK PEMERINTAH (PERSERO) di INDONESIA 2005-2014

Achmad Mulyawan Ridhotulloh

Abstract


Nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan perusahaan yang dapat diwujudkan dengan cara memaksimalkan nilai saham. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari profitabilitas (ROA), kebijakan dividen (DPR), dan struktur modal (DER) terhadap nilai perusahaan (PBV) bank milik pemerintah (persero) yang ada di Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam dalam penelitian ini ialah regresi data panel dengan model common effect. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data skunder perusahaan bank milik pemerintah (persero) di Indonesia dengan sample sebanyak 3 perusahaan yang diambil dengan mmetode purposive sampling pada tahun 2005 hingga 2014.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas dan kebijkan dividen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan struktur modal tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Nilai dari koefisien determinasi (R2) menunjukan nilai 0,604 yang berarti bahwa 60,4% dari nilai perusahaan mampu dijelaskan oleh variabel profitabilitas, kebijakan dividen, dan struktur modal, sedangkan sisanya (39,6%) dijelaskan oleh variabel diluar model.

Kata kunci : nilai perusahaan, profitabilitas, kebijakan dividen, struktur modal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.