IDENTIFIKASI DAN PERAN MODAL SOSIAL PADA PENGEMBANGAN EKONOMI INDUSTRI KREATIF (STUDI KASUS PADA SENTRA KERAJINAN KERAMIK KELURAHAN DINOYO, KECAMATAN LOWOKWARU, KOTA MALANG)

Alvina Purwaningrum

Abstract


UKM Keramik Dinoyo merupakan salah satu sentra tertua di Kota Malang. Keberadaannya yang cukup lama telah membangun brand image di tengah masyarakat dan masih mampu bertahan di tengah krisis moneter yang pernah terjadi. Perjalanan dalam usahanya memperlihatkan pola resesif sebagai akibat menurunnya entitas modal sosial. Aspek produksi terlihat pada subkontrak yang dijalankan hanya sebatas hubungan bisnis. Modal sosial tidak menjadi perekat dalam membangun hubungan bisnis dalam sentra keramik Dinoyo, persaingan individualistik juga aspek sumber daya manusia yang kreatif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk modal sosial dan perannya dalam pengembangan ekonomi yang berpengaruh terhadap pendapatan pengrajin di Sentra Kerajinan Keramik Kelurahan Dinoyo.  Penelitian ini menggunakan teori modal sosial James Coleman mengenai kepercayaan, norma, jaringan, resiprositas. Di samping itu peneliti juga dapat mengetahui pola perilaku dan interaksi yang terjadi di lingkungan keramik Dinoyo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini adalah bentuk modal sosial dan peran modal sosial yang semakin menurun. Dilihat dari awal mula berkembangnya modal sosial mampu mendorong kinerja ekonomi. Namun seiring menurunnya entitas modal sosial, kinerja ekonomi pada sentra semakin menurun. Penurunan ini menjadi sebuah indikasi bahwa tejadi persaingan antar pedagang di sentra tersebut.

Kata Kunci: Bentuk Modal Sosial, Peran Modal Sosial, Kinerja Ekonomi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.