ANALISIS PERAN INDUSTRI PARIWISATA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN WONOSOBO

Widya Karisma, Abidin Lating

Abstract


Otonomi daerah erat kaitannya dengan keuangan suatu daerah, yaitu yang berhubungan dengan pendapatannya atau Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan membawa implikasi tersendiri, dan bagi suatu daerah yang terbatas potensi sumber daya alamnya akan menjadi tantangan tersendiri dalam upaya untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh daerah.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi industri pariwisata yang terdiri dari retribusi obyek wisata, jumlah kunjungan wisatawan domestik dan jumlah wiatasawan manca negara berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Wonosobo dan untuk mengetahui variabel yang dominan mempunyai pengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Wonosobo.

Kegunaan penelitian yaitu untuk menjadikan percontohan dalam sektor pariwisata, sehingga perencanaan dan koordinasi terhadap kontribusi sektor pariwisata dalam upaya peningkatan PAD dari sektor pariwisata di Kabupaten Wonosobo.

Fokus penelitian ini lebih dititik beratkan pada bidang perencanaan pembangunan terkait dengan peningkatan pendapatan asli daerah, yaitu tentang pengaruh retribusi obyek wisata, jumlah kunjungan wisatawan domestik dan jumlah wisatawan manca negara terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Wonosobo. Jenis data dalam penelitian ini yaitu mengenai data sekunder, dimana data tersebut telah diolah lebih lanjut dan disajikan baik oleh pihak peneliti maupun pihak lain. Yang termasuk data sekunder dalam penelitian ini adalah mengenai retribusi obyek wisata, jumlah kunjungan wisatawan domestik dan jumlah wisatawan manca negara dan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Wonosobo. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier beganda dengan uji F dan uji t.

Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa industri pariwisata yang terdiri dari retribusi obyek wisata, jumlah kunjungan wisatawan domestik dan jumlah wisatawan manca negara berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Wonosobo. Retribusi obyek wisata mempunyai pengaruh dominan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Wonosobo.

 

Kata Kunci: Retribusi obyek wisata, jumlah kunjungan wisatawan domestik, jumlah wiatasawan manca negara dan Pendapatan Asli Daerah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.