STUDI EMPIRIS TENTANG PENANAMAN MODAL ASING LANGSUNG DI INDONESIA

Niken Dwi Dayanti

Abstract


Sebagai Negara berkembang, Indonesia memiliki masalah uitama dalam hal permodalan. Modal dibagi menjadi dua, yaitu modal dai dalam negeri dan modal dari luar negeri yang biasa disebut dengan utang. Dalam perkembangannnya, Indonesia lebih memilih untuk menggunakan cara instan dan cepat untuk membiayai perekonomian dengan menggunakan utang luar negeri. Penggunaan utang luar negeri ini dalam jangka pendek maupun panjang akan mempengaruhi perekonomian. Indikator lain yang juga terkait dengan permodalan adalah Penanaman Modal Asing (PMA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel Produk Domestik Regional Bruto, Inflasi, Ekspor, Upah dan Infrastruktur terhadap Penanaman Modal Asing di Indonesia dari tahun 2004-2014.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan Metode Regresi Data Panel. Uji Asumsi Klasik dengan Multikolinearitas dan Heterokesdastisitas. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Produk Domestik Regional Bruto, Inflasi, Ekspor, Upah Minimum Provinsi, Infrastruktur Jalan, Infrastruktur Listrik, dan Infrastruktur PelabuhanTahun 2004-2014.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Produk Domestik Regional Bruto, Inflasi, Ekspor, Infrastruktur Listrik dan Pelabuhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Penanaman Modal Asing (PMA). Variabel Upah Minimum Provinsi dan Infrastruktur Jalan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Penanaman Modal Asing (PMA).

Kata Kunci : Penanaman Modal Asing, Produk Domestik Regional Bruto, Inflasi, Ekspor, Upah Minimum Provinsi, Infrastruktur Jalan, Infrastruktur Listrik, Infrastruktur Pelabuhan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.