ANALISIS PENGARUH ANOMALI MUSIMAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Indeks LQ 45 Periode 1 Januari 2013 – 31 Januari 2016)

Aulia Putri Khoirunisa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya pengaruh day-of-the-week effect dan January effect yang akan berdampak pada perubahan return saham indeks LQ45. Objek penelitian ini adalah perusahaan pada indeks LQ 45 periode 1 Januari 2013 hingga 31 Januari 2016 serta variabel dummy yang meliputi hari perdagangan saham (hari Senin sampai dengan hari Jumat) dan bulan perdagangan saham (bulan Januari sampai dengan bulan Desember).  Teknik  yang  digunakan pada  penelitian ini adalah analisis  regresi berganda dummy.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dari variabel dummy hari perdagangan  saham  (day-of-the-week effect)  dan  bulan  perdagangan  saham (January effect) terhadap return saham indeks LQ45. Pada hari perdagangan saham didapat hasil pada hari Rabu dan Kamis memiliki pengaruh secara signifikan terhadap return saham. Sedangkan pada bulan perdagangan saham diperoleh hasil pada bulan Januari, Februari, Mei, dan bulan Oktober memiliki pengaruh secara signifikan terhadap  return saham. Maka  dapat disimpulkan  bahwa  terdapat  adanya  pola  anomali  musiman memiliki pengaruh terhadap return saham indeks LQ45 periode 1 Januari 2013-31 Januari 2016.

Kata kunci: Anomali Musiman, Return Saham, Analisis Regresi Dummy, day-of-the-week effect, dan January effect.

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.