PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SEMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2015

Ardhan A Kawakibi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh manajemen modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan. Penelitian ini menjelaskan pengaruh periode piutang, periode persediaan, periode hutang, dan siklus konversi kas terhadap return on asset (ROA) perusahaan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada perusahaan manufaktur penghasil semen yang terdaftar di bursa efek Indonesia selama tujuh periode dengan
menggunakan data yang dikumpulkan dari laporan keuangan tahunan perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial pengaruh periode piutang dan periode persediaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, dimana hal ini berarti jika periode piutang dan periode persediaan bertambah lama maka profitabilitas akan meningkat. Pengaruh negatif signifikan terjadi pada periode hutang dan siklus konversi kas terhadap profitabilitas. Hal ini berarti jika periode hutang dan siklus  konversi kas bertambah panjang maka profitabilitas perusahaan akan menurun.

Kata Kunci :
Manajemen Modal Kerja, Profitabilitas, Siklus Konversi Kas, Periode Piutang, Periode Persediaan, Periode Hutang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.